Artikel

Vinyl flooring : Kelebihan, Jenis, Ukuran, Motif dan Cara Pemasangannya

Setiap bahan bangunan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk material lantai. Sebagai bahan pertimbangan, sebelum kita memilih penggunaan material lantai tertentu ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa saja kelebihan maupun kekurangannya. Dalam artikel kali ini kita akan mengulas mengenai vinyl flooring yang merupakan salah satu rekomendasi jenis lantai popular masa kini.

Apa itu Vinyl flooring?

Vinyl flooring atau lantai vinyl merupakan salah satu jenis penutup lantai  pelapis sintesis yang didesain sedemikian rupa dalam berbagai motif seperti kayu, batu marmer, keramik, ubin dan lainnya. Lantai vinyl dibuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang mempunyai tekstur halus dan elastis sehingga sangat mudah untuk dipasang.

 

Keunggulan/Kelebihan Lantai Vinyl flooring

Ada beberapa kelebihan lantai vinyl flooring  jika dibandingkan dengan jenis flooring lainnya. beberapa diantaranya adalah:

  1. Harga vinyl lantai terjangkau

Dijual dengan harga yang ramah di kantong menjadikan permintaan jenis lantai ini terus meroket.

  1. Memiliki kualitas yang bagus

Meskipun dipatok dengan harga terjangkau, namun vinyl flooring hadir dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan jenis lantai lainnya.

  1. Pemasangan lebih praktis dan tidak memerlukan perawatan khusus

Selain proses pemasangannya yang praktis, vinyl juga tergolong awet serta tidak membutuhkan perawatan khusus.

  1. Tahan lama

Anda bisa menemukan berbagai merk vinyl yang memiliki daya tahan berkisar 15-20 tahun. Lantai ini juga relative kuat dalam menahan air maupun kotoran. Anda cukup menyapunya atau dipel sesekali untuk mendapatkan tampilan lantai yang bersih dan menawan.

  1. Memiliki nilai estetika tinggi

Selain aspek fungsional, juga banyak mencuri perhatian masyarakat karena memiliki nilai estetika tinggi dengan motif dan tekstur yang menarik.

  1. Anti rayap

Apabila material kayu misalnya parket masih rawan terserang rayap, material vinyl ini cenderung bersifat anti rayap.

  1. Tahan air serta tidak licin

Karena tidak mempunyai serat yang menyerap air,  jenis lantai ini cenderung tahan air sehingga anda tidak perlu khawatir lantai rumah anda lembap dan lapuk.

Ukuran & Motif

Vinyl hadir dengan berbagai jenis, motif dan ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera Anda. Berikut beberapa jenis ukuran dan juga motif lantai vinyl yang paling diminati!

  1. Vinyl Plank

Jenis vinyl ini menjadi salah satu jenis lantai yang memiliki banyak peminat karena memiliki bentuk mirip panel kayu asli.  Dipatok dengan harga yang ramah di kantong serta tahan lama menjadikan jenis Vinyl ini cocok untuk anda pilih.

Vinyl plank dibuat dari bahan polycarbonate berbentuk persegi panjang  dengan ukuran 80 x 90 cm dan ketebalan sekitar 2-3 mm. Jenis permukaan vinyl plank adalah embossed dan non-embossed. Permukaan embossed hadir menyerupai kayu dan anti-slip, sedangkan non-embossed mempunyai permukaan halus, cukup licin dan lebih mudah dibersihkan.

  1. Vinyl Tile

Jenis vinyl ini berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 30-50 cm dan memiliki ketebalan antara 1.5 – 3 mm. Jenis lantai ini cocok untuk dijadikan sebagai pengganti lantai keramik karena harganya lebih terjangkau.

  1. Vinyl Roll

Sesuai dengan namanya, vinyl roll berbentuk gulungan seperti sebuah karpet. Jenis lantai ini memiliki ukuran yang lebih besat dari vinyl plank dan vinyl tile. Meskipun berukuran besar dan cara pemasangannya lebih rumit, jenis lantai ini memiliki keunggulan yakni bisa digulung tanpa membuat permukaannya pecah. Ukuran vinyl roll umumnya 2 x 25 m dan memiliki ketebalan sekitar 0.5 – 2.2 m.

  1. Vinyl Click

Jenis lantai dari vynil ini merupakan jenis lantai yang mudah cara pemasangannya sebab tidak memerlukan lem, begitu juga untuk jenis vinyl flooring click. Vinyl click memakai mekanisme pengunci khusus pada pinggiran lembar Vinyl dengan hasil pemasangan yang lebih rapi tanpa sambungan yang kentara. Jenis lantai ini hadir dengan bentuk persegi panjang dan memiliki ketebalan 5 mm.

Selain jenis dan ukuran yang beragam, lantai vinyl juga hadir dengan berbagai motif menarik. Berikut 5 motif lantai vynil terpopuler tahun ini!

  1. Oak Effect

Motif vinyl ini memiliki tekstur dan tampilan seperti kayu oak sehingga menjadikan suasana rumah nampak homey dan rustic.  Motif ini cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis furniture.

  1. Wood Effect

Motif ini mirip seperti panel kayu dan dibuat mirip dengan tekstur kayu asli. Warna motif wood effect ini sangat netral sehingga cocok untuk digunakan pada segala jenis ruangan.

  1. Moroccan Style

Motif lantai ini mengikuti tren motif Maroko dengan gaya arsitekstur budaya Islam. Motif ini sangat menarik dan cocok untuk diterapkan di rumah dengan interior yang mengikuti kebudayaan Islam.

  1. Blue Tile Effect

Bagi anda yang ingin memberikan kesan cerah, maka motif berwarna biru dengan ciri khas ala keramik Portugis ini bisa Anda coba.

  1. Marble Effect

Ingin memiliki rumah dengan lantai namun dana terbatas? Tenang, Anda bisa mencoba motif yang hadir dengan tampilan mirip marmer asli ini.

Harga Lantai Vinyl yang Terjangkau

Harga lantai Vinyl ditentukan berdasarkan ketebalan dan ukurannya. Kedua faktor tersebut menjadi hal penting  dalam pemilihan vinyl flooring untuk diaplikasikan di rumah. Misalnya, satu gulung vinyl flooring biasanya dipatok dengan kisaran harga mulai dari 60 ribu Rupiah dengan ketebalan lantai 1,22 mm.

Sementara itu, bagi Anda yang merasa kesulitan untuk memasangnya, Anda bisa menggunakan jasa pemasangan jenis lantai vinyl dengan kisaran harga sekitar 30 ribu Rupiah setiap meternya.

Bisa disimpulkan bahwa pemakaian vinyl terutama dari Frantinco merupakan pilihan tepat untuk menjadikan suasana rumah Anda menjadi lebih hidup. Frantinco memiliki produk vinyl dengan kualitas tinggi, terjamin mutunya serta harga yang ramah dikantong.

Cara Pasang Vinyl Flooring

Ada beberapa tahapan untuk memasang lantai berbahan vinyl flooring ini. Pada dasarnya pemasangannya mudah karena tidak membutuhkan banyak alat, namun jika tidak teliti tentu saja hasilnya tidak akan maksimal. Karena itulah dibawah ini kami ulas singkat cara pasang vinyl flooring yang wajib diperhatikan jika Anda berencana untuk memasangnya sendiri.

  1. Mengukur ruang dan memasang lantai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas ruangan dengan teliti.

  1. Menyingkirkan benda yang ada di lantai dan bersihkan

Pastikan anda menyingkirkan benda di lantai, misalnya saja jika ingin memasang vinyl di dapur maka rak piring, kulkas dan barang lainnya harus dipindahkan terlebih dahulu kemudian dibersihkan.

  1. Cek kondisi lantai

Pastikan lantai rata dan kering. Anda dapat menentukan titik pusat pada keempat sisi pada dinding ruangan. Lalu hubungkan titik pada ujung dinding menuju titik tengah. Selanjutnya anda akan memperoleh pola dua garis menyilang untuk dijadikan acuan ketikan memasang lantai.

  1. Pakai perekat berkualitas

Gunakan lem berkualitas untuk merekatkan lantai. Oleskan lem pada permukaan lantai serta bagian bawah vinyl flooring lalu tempelkan.

  1. Pemotongan

Untuk memperoleh hasil maksimal lakukan pemotongan lantai vinyl flooring di beberapa ruangan yang diperlukan supaya pemasangan bisa rapat ke dinding. Anda bisa menggunakan penggaris logam dan cutter tajam.

Inspirasi Motif lantai vinyl yang tepat di setiap ruangan

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memasang vinyl, ada baiknya Anda mengetahui ruangan apa saja yang dapat dipasangi material lantai ini. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Area masuk rumah

Mengingat area ini merupakan tempat lalu lalang bagi banyak orang, pastinya Anda ingin memakai pelapis lantai yang kuat dan awet. Anda bisa memesannya di Frantinco yang menyediakan vinyl flooring kualitas terbaik, terjamin mutunya serta harga yang sesuai kualitas.

  1. Ruang tamu

Ruangan ini memungkinkan Anda untuk bisa berekspresi dengan bebas. Anda bisa memilih vinyl flooring warna dan motif sesuai selera.

  1. Kamar tidur

Lantai vinyl flooring dengan motif kayu menjadi salah satu favorit desainer sebab memiliki warna yang netral dan cocok diaplikasikan sebagai lantai kamar tidur. Lantai wood effect juga mampu memberikan nuansa yang sejuk dan alami.

  1. Dapur

Lantai ini identik dengan pemakaian warna alami bisa cocok untuk di pasang di dapur. Dengan pemasangan lantai vinyl flooring maka dapur Anda akan disulap menjadi lebih elegan dan nampak bersih. Tentunya Anda akan merasa nyaman dan betah untuk memasak di dapur.

  1. Kamar mandi

Lantai ini juga bisa diaplikasikan untuk lantai kamar mandi sebab bersifat anti air sehingga tidak menyerap air atau menimbulkan basah. Perlu diketahui bahwa material vinyl flooring  juga bersifat lebih lentur daripada lantai keramik. Sifat ini menjadikannya lebih nyaman saat diinjak daripada pemakaian lantai keramik yang licin dan dingin.

Nah itulah penjelasan mengenai vinyl flooring yang merupakan jenis lantai masa kini untuk menghidupkan suasana rumah Anda. Vinyl dari Frantinco hadir dengan mutu terjamin dan harga sesuai kualitas yang dapat menjadi rekomendasi tepat untuk material lantai di rumah Anda. Bukan hanya mampu menghidupkan rumah, aksen maupun corak lantai yang sesuai bisa menjadi dekorasi cantik dan menarik secara bersamaan.

read spc flooring

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
SPC FLOORING

SPC FLOORING hadir untuk memenuhi permintaan banyak pasar di Indonesia. SPC Flooring & Luxury Vinyl Flooring Frantinco kami memiliki Qualitas dan harga yang terbaik, dan juga produk kami banyak memiliki keunggulan dibanding produk lainnya.

 

 

Cart